Wednesday 29 June 2016

Info Penting!!! Mulai 7 Juli 2016, Facebook Akan Menghapus Foto Dan Video Pengguna

Dari laman Facebook saya mendapatkan informasi mulai 7 Juli 2016 pihak Facebook akan menghapus semua foto dan video yang pernah disinkronkan pada Facebook. 

Bayangkan saja foto kenangan Anda bersama keluarga dan teman-teman akan lenyap begitu saja. Oleh karena itu, jangan panik dulu, karena yang akan di hapus pada 7 Juni nanti adalah foto yang ada di album sinkronisasi. 

Tahun 2012, Facebook pernah meluncurkan fitur sinkronisasi foto yang memungkinkan pengguna untuk langsung melakukan sinkronisasi gambar dari ponsel ke album pribadi di Facebook. 


Bagaimana cara mengunduh atau menghapus foto yang disinkronkan pada Facebook?
Foto yang Anda sinkronkan secaea privat dari ponsel ke Facebook akan segera di hapus pada 7 Juli 2016. Agar foto tetap disinkrokan, Anda dapat mengunduh dan masuk ke aplikasi Moments, atau mengunduh atau menghapus foto secara langsung dari Facebook sebelum 7 Juli.
Sumber: Facebook.com

Fitur serupa yang bernama Photo Sync, jika fitur ini diaktifkan, secara otomatis foto yang diunggah dari smartphone bakal masuk ke dalam sebuah album pribadi yang bernama "Synced from phone".

Album ini hanya bisa di lihat oleh pemiliknya, salah satu kegunaan fotonya teruplaod secara otomatis yakni dapat memudahkan pengguna bila sewaktu-waktu nantinya file tersebut akan di bagikan ke publik secara online.

Sumber Foto: www.facebook.com
(Foto: midahponggeok.blogspot.co.id)
Namun, fitur sinkronisasi tersebut sudah di hentikan oleh pihak Facebook dan di gantikan dengan Aplikasi Moments yang sudah di luncurkan sejak Juni 2015 lalu, Aplikasi ini dapat memudahkan pengguna Facebook untuk mengambil semua foto diri Anda yang berada di ponsel teman Anda. Aplikasi sudah mengelompokkan foto berdasarkan siapa yang ada di dalam acara maupun waktu pengembalian foto. (baca:Mengenal Aplikasi Moments

Lantas bagaimana caranya supaya foto dan video Anda di Facebook tidak di hapus?
Bagi Anda, yang sebelumnya pernah menggunakan Photo Sync untuk mengupload foto dari ponsel ke album sinkronasasi di facebook, maka segeralah untuk mengamankannya. Dengan begitu Anda masih bisa melihat foto-foto yang pernah di simpan. 

Untuk menyelematkan semua foto kenangan Anda tersebut, ada dua cara yang bisa Anda tempuh. Pertama, mengunduh semua foto atau video yang sudah terupload di Facebook sebelum tanggal 7 Juli 2016. 

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Bagaimana cara menyimpan foto yang sudah saya sinkronkan ke Facebook?
Foto yang telah Anda sinkronkan ke Faebook akan muncul dengan foto yang lainnya di Moments. Untuk menyimpan foto yang disinkronkan ke rol kamera ponsel Anda:
  1. Ketuk Telusuri di bagian bawah layar.
  2. Ketuk foto dengan label Sinkronisasi Foto Facebook di bawah Label Cerdas.
  3. Ketuk Pilih di kanan atas
  4. Ketuk tanda centang di samping foto yang ingin Anda simpan, lalu ketuk Simpan di bagian bawah layar.
  • Bagaimana cara menghapus foto yang saya sinkronkan ke Facebook?
Foto yang telah Anda sinkronkan ke Facebook akan muncul dengan foto Anda yang lainnya di Moments. Untuk menghaps foto yang telah di sinkronkan secara permanen: 
  1. Ketuk Telusuri di bagian bawah layar
  2. Ketuk foto dengan label Sinkronisasi Foto Facebook di bawah Label Cerdas
  3. Ketuk Pilih di kanan atas
  4. Ketuk  di samping foto yang ingin Anda hapus, lalu ketuk Hapus di bagian bawah layar
Sumber: www.facebook.com
Jika ingin menyimpan foto-foto tersebut tanpa menggunakan aplikasi Moments, Anda harus segera men-downloadnya sebelum dihapus Facebook. Caranya, masuk ke halaman profil Facebook, klik 'Photos', lalu 'Synced from phone'. Kemudian pilih foto-foto yang ingin disimpan. Di bagian bawah foto, klik 'Option' kemudian 'Download'. (sumber: detik.com) 


Cara keduasebelum 7 Juli 2016, Anda hanya perlu mendownload Aplikasi Moments , yakni aplikasi baru yang di ciptakan Facebook untuk menyinkronkan beberapa foto sekaligus dan tidak perlu mengirimkan SMS atau email untuk masing-masing foto.

Tampilan Aplikasi Moments
Sumber Foto: 
https://play.google.com
(Foto: midahponggeok.blogspot.co.id)

Mungkin cara ini, terkesan jika Facebook agak sedikit memaksa pengguna untuk mendownload aplikasi Moments, sekaligus menggunakannya. Tetapi, jika di lihat dari segi positifnya, aplikasi terbaru Facebook ini banyak menawarkan fitur-fitur yang pada akhirnya bisa membuat pekerjaan pengguna jauh lebih mudah dan cepat.

Dengan
dua cara tersebut, maka foto-foto dan video Anda, akan tersimpan dengan Aman.

No comments:

Post a Comment

Pages - Menu