• ABOUT ME
  • CONTACT
  • PRIVACY POLICY

Persiapan Sebelum Mendaftar Administrasi Online SM-3T 2016

 on Wednesday, 15 June 2016  

Sebenarnya, apapun yang ingin kita kerjakan supaya memperoleh hasil yang maksimal, alangkah baiknya di awali dengan berbagai persiapan. Salah satunya adalah dengan mempersiapkan apa-apa saja yang di perlukan dalam pendaftaran seleksi administrasi online SM-3T 2016. Tujuannya selain bisa lolos seleksi administrasi, akan tetapi Anda tidak capek bolak-balik membuka website dan menghabiskan waktu, karena berkas yang Anda upload tidak sesuai dengan yang sudah di tentukan.
Logo Program SM-3T
(Foto: google)
Berdasarkan pengalaman seleksi administrasi online tahun-tahun sebelumnya. Berikut ini adalah hal yang wajib di perhatikan sebelum mendaftar dan pada saat mendaftar:
1. Berkas pendaftaran 
   Pada saat mendaftar di Seleksi SM-3T 2016 Dikti, nanti Anda akan di minta untuk mengisi beberapa biodata diri secara lengkap dan juga mengupload beberapa berkas. 
       Berkas yang harus di sediakan adalah :
  • Scan Legalisir Ijazah dan Scan Legalisir Transkrip Nilai Asli. Khusus lulusan tahun 2016 yang belum memiliki ijazah, dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) yang ditandatangani dan/atau diketahui Pembantu/Wakil Rektor Bidang Akademik, sedangkan ijazah dan transkrip nilai asli wajib ditunjukkan pada saat wawancara. (baca: Inilah Persyaratan Pendaftaran SM-3T Tahun 2016)
  • Soft file foto untuk di upload di formulir. Maksud soft file foto, artinya foto di usahakan dalam bentuk format JPG atau PNG. Kemudian kualitasnya juga jangan terlalu besar. ( baca: cara compress dan resize foto secara online). Foto yang di gunakan juga harus foto dalam suasana formal.
Pada saat mendaftar, silahkan cek lagi apa-apa saja yang di perlukan. Sejauh ini, hanya itu saja yang dapat penulis informasikan, 

2. Catat User Name dan Password
    Setelah berkas semua berhasil di upload, Anda akan di berikan user name beserta passwordnya. Jangan lupa untuk mencatatnya, karena kedua-duanya akan di pakai pada saat mengikuti seleksi tes online.

3. Pemilihan LPTK
    Sesuai dengan postingan saya sebelumnya (baca: Mengejutkan, UNSYIAH Tidak Masuk Sebagai Daftar Universitas Penyelenggara SM-3T 2016), Unsyiah tidak mejadi penyelenggara SM-3T 2016. Oleh karena itu, pada saat pemilihan lokasi tes/LPTK, pilihlan sesuai dengan yang Anda inginkan. Bukan berari karena Unsyiah tidak masuk daftar penerima, lantas tidak bisa ikut tes. (baca: Jangan Panik !!! Inilah Solusi Apabila Unsyiah Tidak Termasuk Daftar LPTK Penerima SM-3T 2016).

4. Teliti sebelum verifikasi data
    Pada tahap ini, sebaiknya jangan langsung di verifikasi, pastikan dulu data yang Anda masukkan sudah benar. 

5. Cetak Formulir Online
    Jika validasi data sudah di lakukan, cetak formulirnya. Setelah di cetak, print formulir pendaftaran online dan simpan di dalam map, yang nanti akan di serahkan kepada LPTK penyelenggara pada saat seleksi wawancara.

6. Berdo'a
    Setelah berusaha dengan maksimal untuk melengkapi persyaratan administrasi online, sembari menunggu hasilnya, maka langkah selanjutnya adalah berdo'a supaya lolos berkasnya. Pengalama penulis pada saat seleksi SM-3T tahun 2015, lebih dari 1.000 0rang yang mendaftar, namun yang lolos seleksi berkas tidak lebih dari setengahnya saja

Persiapan Sebelum Mendaftar Administrasi Online SM-3T 2016 4.5 5 NURHAMIDAH Pulo U Wednesday, 15 June 2016 Sebenarnya, apapun yang ingin kita kerjakan supaya memperoleh hasil yang maksimal, alangkah baiknya di awali dengan berbagai persiapan. S...


No comments:

Post a Comment

J-Theme