Friday 17 June 2016

Mengenal Blog Dan Kegunaannya

Dulunya, jika kita ingin mencatat tentang apa-apa saja yang telah di kerjakan dalam sehari-hari, biasanya akan menuliskannya di Buku Diary. Bahkan, untuk menjaga kerahasiannya, ada yang sengaja membeli buku harian yang ada di pasang gemboknya. Supaya tidak ada yang bisa melihat isi dari buku diary, kecuali penulis sendiri.


Namun, seiring berkembangnya teknologi. Orang tidak ragu-ragu lagi untuk membagikan kesehariannya lewat Blog, dengan begitu orang lain juga ikut mengetahui keseharian penulis. Blog merupakan singkatan dari web log, yakni sebuah aplikasi web yang memuat beberapa tulisan-tulisan di halaman web. Blog dapat kita akses dengan sambungan jaringan internet. Ada berbagai macam blog di internet, tergantung dari topik yang di butuhkan oleh pengguna.

Logo Blogger.com
(Foto: commons.wikimedia.org)

Blogger.com merupakan media blog yang pertama kali mempopulerkan blog. Awalnya Blogger.com di miliki oleh Perusahaan Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Evan Williams dan Meg Hourihan yang menjadi pendirinya.

Dari Wikipedia.comBlogger dapat merujuk pada:
  • Narablog – (istilah baku: pengeblog) adalah penulis atau jurnalis yang mencatat berbagai informasi dalam sebuah blog, baik berupa blog pribadi maupun kelompok, dalam aneka kategori pembahasan.
  • Blogger.com – layanan pembuatan dan penyimpanan blog yang dimiliki Google.

Untuk kontennya, tergantung dari pengguna blog sendiri ingin mengelolanya seperti apa. Ada beberapa jenis topik blog, di antaranya Blog Pribadi, Blog Politik, Blog Kesehatan, Blog Agama, Blog Hukum, Blog Wisata, Blog Pendidikan, Blog Bisnis, dan masih banyak lagi jenis blog yang bisa di kembangkan menurut selera maupun kebutuhan pengguna.

Selain media blog Blogger.com, ada juga media blog yang lainnya yang dapat di pakai untuk membuat blog, yaitu Wordpress.com yang di kembangkan oleh WordPress Foundation. Kedua media blog ini bisa di dapatkan secara gratis. 

Perlu di ketahui blog tidak hanya dapat di gunakan untuk memposting tentang kehidupan pribadi pengguna atau memberikan informasi yang bisa memberikan manfaat kepada netter (pengguna internet). Akan tetapi, bisa juga bisa di manfaatkan untuk  menghasilkan uang.

No comments:

Post a Comment

Pages - Menu