• ABOUT ME
  • CONTACT
  • PRIVACY POLICY

Kemendikbud: Inilah 15 Game yang Dilarang untuk Anak-anak

 on Tuesday, 1 November 2016  

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merilis daftar 15 game kekerasan yang dianggap berbahaya bagi anak-anak.

Daftar tersebut diriis melalui situs sahabat keluarga (sahabatkeluarga.kemendikbud.go.id) yang dikelola oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Direktorat Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat.

Situs Sahabat Keluarga merilis daftar game yang dianggap berbahaya untuk anak. Ke 15 daftar game kekerasan tersebut terdiri dari :
1. World of Warcraft
2. Call of Duty
3. Point Blank
4. Cross Fire
5. War Rock
6. Counter Strike
7. Mortal Combat
8. Future Cop
9. Carmageddon
10. Shelshock
11. Raising Force
12. Atlantica
13. Conflict Vietnam
14. Bully
15. Grand Theft Auto

Kecanduan Game
Sebagian orangtua masih awam mengenai model atau rating game dan bahkan masih kurang menyadari kira-kira game apa yang cocok di mainkan oleh anak semua umur. 

Sejatinya, selain sebagai media untuk menghibur, game juga bisa meningkatkan kecerdasan anak-anak. Jika memang game dimainkan adalah game yang berkualitas, akan memberikan dampak positif bagi penggunanya. Banyak sekarang ini game yang bisa di download ataupun di install dari Play Store dan Google Play. Tinggal saja memilih sendiri mana yang memang sesuai. 

Lengahnya pengawasan orangtua mengenai hal ini akan berdampak buruk bagi anak, Anak-anak akan bebas memainkan game kesukaannya, tanpa mereka mengetahui apakah pantas bagi mereka atau tidak. Salah satu pengawasan yang bisa dilakukan yakni ikut terlibat langsung bersama anak untuk memilih game yang cocok. 

Berdasarkan hasil studi membuktikan, anak-anak yang memainkan game sesuai dengan umurnya cenderung cepat dalam meengambil keputusan dan berani, berlatihnya dari game.

Sebaliknya, anak-anak yang terbiasa memainkan game untuk orang dewasa, akan menimbulkan kecanduan karena adrenalin yang terpacu dan bisa berperilaku brutal. 

Berdasarkan penelitian Iowa State University US memainkan game yang mengandung kekerasan selama 20 Menit, akan dapat mematikan rasa. Dan pada akhirnya, jangan heran nantinya sangat gampang untuk melakukan kejahatan dan hialngnya rasa empati kepada orang lain.

Sumber: bangka.tribunnews.com

Kemendikbud: Inilah 15 Game yang Dilarang untuk Anak-anak 4.5 5 NURHAMIDAH Pulo U Tuesday, 1 November 2016 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merilis daftar 15 game kekerasan yang dianggap berbahaya bagi anak-anak. Daftar te...


No comments:

Post a Comment

J-Theme