Friday 4 November 2016

Apa itu SM-3T?

Sebagian besar, mungkin masih bingung sebenarnya apa sih SM-3T itu? ada 3Tnya lagi? bahkan ada yang berasumsi 3T itu Terpencil, Terdalam, Tertinggal dan sebagainya. Menurut saya tidak ada masalah mengenai asumsi ini. Saat di penempatan, guru SM-3T akan di mengalami pengalaman lebih dari 3T. Kalau gak percaya, coba dech ikutan! ha..ha...ha..

SM-3T merupakan singkatan dari Sarjana Mendidik di daerah Terluar. Terdepan dan Tertinggal (SM-3T). Di sebut dengan Sarjana Mendidik, di karenakan salah satu syarat mendaftar adalah sudah memperolah gelar sarjana dan lulusan dari  sarjana pendidikan.

Lambang SM-3T
Nah, bagaimana dengan 3T? baiklah akan saya uraikan ya. Yang harus diketahui, setiap daerah mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri. Tidak semua daerah tertinggal. Meskipun tergolong dari kategori tertinggal, bisa jadi daerah tersebut juga tergolong terdepan.
  • Terluar atau Terdepan: 
Daerah Terluar atau Terdepan merupakan daerah yang letaknya berbatasan atau berhadapan langsung dengan negara lain. Kadangkala tanpa terhalangi oleh pulau-pulau lain. Berikut beberapa contoh daerah terluar (Daftar Pulau Terluar di Indonesia).
  • Tertinggal
Daerah tertinggal adalah daerah yang masih kurang berkembang di bandingkan daerah lain secara nasional. Aspek penilaiannya meliputi perekonomian masyarakat, Sumber Daya Manusia (SDM) serta sarana dan prasarana. Berikut daftar 122 daerah tertinggal di Indonesia tahun 2015-2019, berdasarkan Presiden Peraturan Presiden Nomor 131 Tahun 2015 (Daftar 122 Daerah Tertinggal di Indonesia).

Baca juga Mengenal lebih dekat program SM-3T

1 comment:

Pages - Menu