• ABOUT ME
  • CONTACT
  • PRIVACY POLICY

Dua Siswa SMAN 1 Matangkuli Raih Perunggu di Ajang Penelitian Nasional

 on Tuesday, 11 October 2016  

Banda Aceh- Dua siswa SMAN 1 Matangkuli Kabupaten Aceh Utara raih medali perunggu dalam ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2016, yang berlangsung pada 2-7 Oktober yang lalu di Kampus Indonesia International Institute Life Of Sciences (I3L), Jakarta.

Dalam ajang yang di selenggarakan pada tahun ke-8 itu, Achmad Gamal Raya dan M.Indra Munandar siswa kelas XI SMA N 1 Matang Kuli berhasil menyisihkan sebanyak 101 peserta lainnya yang berasal dari Kabupaten se-Indonesia.

Qustalani, M.Pd ( Kordinator KIR Aceh Utara) bersama dua duta
Aceh di Ajang OPSI Tingkat Nasional 2016, usai menerima
penghargaan di Jakarta, Kamis (6/10) – Foto : Istimewa
Sumber: pelita8.com
Dua Siswa SMAN 1 Matangkuli, Aceh Utara
Foto: Facebook Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia - OPSI
"Alhamdulillah ini kali kedua kita meraih medali, tahun sebelumnya, OPSI di Surabaya, kita meraih medali Perak. Dan tahun ini siswa kita meraih perunggu. Ini prestasi yang luar biasa dan patut kita syukuri", kata Qusthalani, M.Pd, Koordinator Pembimbing Karya Ilmiah Remaja (KIR) Aceh Utara yang juga Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Aceh Utara, Jum’at (7/10). (pelita8.com)

Dari tiga kategori yang di perlombakan  yakni, Sains dan Teknologi, Matematika dan Rekayasa dan Ilmu Sosial dan Humaniora. Siswa SMAN 1 Matangkuli mengambil kategori Ilmu Sosial dan Humaniora dengan judul penelitiannya “Seudati Berkarakter Bangsa”. 

Dari raihan medali perunggu. mereka mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp.5.000.000. Dalam acara tersebut, Drs. Ridwan, Kepala SMAN 1 Matangkuli juga ikut mendampingi langsung dan guru pembimbing lainnya, Rahmad Syah, S.Pd

Sebanyak 101 finalis yang sudah di jaring dari 2500 peserta, mendapatkan beasiswa prestasi senilai RP. 3.500.000 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Adapun pemenang OPSI 2016, selain mendapatkan uang tunai, mereka juga mendapatkan beasiswa Pendidikan Sarjana untuk melanjutkan pendidikan di i3L dan Motherboard Galileo dari Intel Indonesia. (jaringnews.com)

OPSI merupakan ajang kompetisi penelitian ilmiah tahunan bagi siswa SMA/MA, baik berupa karya tulis maupun temuan (invention). Dengan mengusung pesan #MENELETIITUSERU, OPSI ingin mengubah mindset siswa mengenai penelitian, yang selama ini di anggap sebagai pekerjaan yang sulit, dan cenderung formal. Padahal malah sebaliknya, penelitian itu sangat menyenangkan, seru.  Dan bisa menguji nyali, apalagi di sandingkan dengan siswa seluruh Indonesia.

Sebagai alumni dari SMAN 1 Matangkuli, saya mengucapkan selamat dan sukses selalu. “Saya sangat bangga melihat kerja keras anak-anak, guru pendamping dan dukungan dari Kepala Sekolah”. Suatu sinergi yang sangat luarbiasa, demi meningkatkan prestasi siswa maupun sekolah di ajang penelitian tingkat Nasional. Meskipun bukanlah termasuk sekolah favorit di Aceh Utara, namun mereka bisa meraih prestasi. Bayangkan saja, dari seluruh Indonesia, pastinya peserta lainnya juga mempunyai penelitian yang hebat. Hal ini membuktikan, bahwa anak muda Aceh mampu bersaing dan memiliki skill.

Semoga ini menjadi inspirasi bagi sekolah yang lainnya, meskipun berada di pelosok akan membuahkan karya asalkan memiliki kemauan untuk terus maju. Khususnya, bagi guru di sekolah jangan takut untuk berinovasi. Bantulah dan dampingilah anak-anak untuk menggapai impiannya.

Bagi Anda yang ingin melihat beberapa finalis lain dan karya-karyanya, bisa mengunjungi langsung di DI SINI.

PERSIAPKAN DIRIMU UNTUK OPSI BERIKUTNYA!

Dua Siswa SMAN 1 Matangkuli Raih Perunggu di Ajang Penelitian Nasional 4.5 5 NURHAMIDAH Pulo U Tuesday, 11 October 2016 Banda Aceh- Dua siswa SMAN 1 Matangkuli Kabupaten Aceh Utara raih medali perunggu dalam ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI)...


No comments:

Post a Comment

J-Theme