Tuesday 19 July 2016

Mau tau, Apa Saja Yang Di Uji Saat Tes Online SM-3T 2016?

Sesuai dengan jadwal penting pelaksanaan Sarjana Mendidik di daerah Terluar, Terdepan dan Tertinggal (SM-3T), Dikti sudah mengumumkan hasil seleksi SM-3T pada hari ini (19 Juli 2016). Bagi yang lolos, secara otomatis bisa melanjutkan ke tahap berikutnya, yakni Tes Seleksi (secara online). Tes ini rencakanan akan di selenggarakan pada 25-28 Juli mendatang secara serempat.

Dari pengumuman seleksi administrasi, sebagian LPTK sudah mencantumkan jadwal, lokasi maupun tempat Tes Seleksi (secara online) bagi calon peserta SM-3T. Selain itu juga di informasikan, materi tes online meliputi: Tes bidang studi sesuai dengan pilihan program studi.

Jika kitaterjemahkan secara sederhana, maka pada saat Tes Seleksi (secara online) hanya soal yang berhubungan dengan program studi yang di pilih. Misalnya, bidang studinya Pendidikan Fisika, maka materi yang akan di uji hanya Fisika saja.

Namun jika kita telusuri pelaksanaan Tes Seleksi (secara online) SM-3T tahun sebelumnya, meskipun pada saat pengumuman hasil administrasi di sampaikan hanya ada Tes bidang studi sesuai dengan pilihan program studi, namun tetap ada jenis Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Dasar (TKD). Berikut ini informasi seleksi administrasi SM-3T tahun 2015.






Namun, coba perhatikan hasil seleksi tahun Sarjana Mendidik di daerah Terluar, Terdepan dan Tertinggal (SM-3T) yang saya kutip dari salah satu peserta yang lolos administrasi, 
Tanggal tes 26 Juli 2016 Sesi 2 (10.30 sd.12.00 waktu setempat) di Ruang LAB KOMPUTER CAD/CAE- Gedung Lab. Komputer FT Unimed.
Lamanya waktu yang di butuhkan hanya 90 Menit saja (hanya cukup untuk menyelesaikan materi sesuai dengan prodi yang di pilih). Dengan begitu tidak ada alokasi waktu untuk menguj jenis tes yang lain. Meskipun demikian, tidak salahnya kalau peserta SM-3T juga ikut mempersiapkan diri untuk materi Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Dasar (TKD).

Jangan lupa terus ikuti informasi selengkapnya di blog ini, saya akan terus mencoba untuk mencari informasi mengenai tes TKD dan TPA apakah ada di uji tahun ini atau tidak. #Salam MBMI

No comments:

Post a Comment

Pages - Menu